Jumat, 13 April 2012

Kemuliaan Program Sekolah Gratis dan Sikap Kritis Publik

”Kalau begini kondisinya,mending SDN Polisi 4 Bogor seperti dulu lagi ya...,dengan bayar sspm(sumbangan pengnkatan mutu pendidikan) tiap bulan, kita tidak menemui persoalan dilematis seperti sekarang ini……”,

Itulah sebagian komentar yang akhirnya terlontar dari beberapa orang tua murid di SDN Polisi 4 Bogor menyikapi beberapa persoalan dan ekses pelaksanaan sekolah gratis di lapangan yang kurang diantisipasi oleh pemerintah.

Spirit program sekolah gratis jelas sangat mulia, tapi apa benar ada beberapa kekeliruan mendasar pelaksanannya di lapangan sehingga beberapa begawan pendidikan dan praktisi pendidikan, serta LSM yang awal awalnya sangat mendukung sekolah gratis, mulai berbalik mengkritisi pelaksanaanya di lapangan. Dan hingga saat ini pun , implementasi program sekolah gratis masih menjadi tema hangat dan kajian menarik di beberapa seminar dan talk show.

Harus diakui bahwa banyak pihak yang masih mengkritis rumusan dan pelaksanaan program sekolah gratis /BOS ,entah itu berdasarkan sekelumit pengalaman mereka di sekolah ,interaksi dengan beberapa stakeholder pendidikan di daerah dan pemberitaan media.Apakah sikap kritis tersebut dinilai benar atau salah ,disampaikan secara halus atau keras, yang pasti sikap kritis publik atas perencanaan dan pelaksanaan program sekolah gratis wajib disikapi sebagai bentuk dukungan dari publik demi pelaksanaan program sekolah gratis yang lebih baik.

(M.Yusuf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Bapak/Ibu ,Saudara/i dan adik-adik.Untuk melihat komentar lainnya, klik "Muat Yang Lain".