Sabtu, 09 Oktober 2010

Rapat Koordinasi Dukungan Komite : Persiapan Sanggar Kreatifitas Mandiri dan Presentasi Penawaran i-Learning Pesona Edu

Rapat Persiapan Sanggar Kreatifitas Mandiri di SDN Polisi 4 Bogor
Rapat berlangsung di ruang kelas 1.A hari Sabtu,9 Oktober 2010 dari jam 11.15 hingga 12.40.Hadir dari unsur komite: Herry Purnomo (ketua) yang memandu jalannya rapat, Ida Suri Setiawati( Wakil Bendahara 1), Nurmaini Akbar (waka bid. Kesiswaan), M.Yusuf (sekretaris), dan dari Pengelola cikal Sanggar hadir:Ida Murnida S.Pd (Ketua), Ahmad Taufik S.Pd (sekretaris), Dra Gustini Eko Widyanti (koordinator bidang Seni Budaya), Hidayat (koordinator bidang olah raga),Titi S.Ag(mewakili koordinator bidang agama), Taufik Hidayat S.Pd (koordinator MIPA dan IT)
Kesepakatan:
  1. Komite mendukung penuh pengelola sanggar merealisasikan kegiatan layanan sanggar kreatifitas mandiri secepat mungkin
  2. Format dan teknis pelaksanaan layanan sanggar adalah otonomi pengelola sanggar , tapi diharapkan aspirasi orang tua yang masuk lewat kuisioner tetap dijadikan tolak ukur dalam menentukan teknis pelaksanaannya
  3. Keuangan Sanggar Kreatifitas Mandiri dikelola bersama sama dengan komite sekolah, tapi terpisah dengan neraca keuangan sumbangan sukarela yang sudah ada(SSPMP dan HSP)
Dengar Presentasi Penawaran jasa i-Learning Pesona Edu

Presentasi dan tanya jawab berlangsung di ruang audio visual lantai 1 hari Sabtu, 9 Oktober 2010 dari jam 12.50 hingga14.50.Rata TengahLatar belakang:
  1. Keberadaan sarana IT di SDN Polisi 4 Bogor sejak 1 tahun belakangan belum termanfaatkan secara optimal dalam mendukung proses pembelajaran .
  2. Dipandang perlu komite memfasilitasi mengatasi kendala kendala yang ada,baik dari sisi pengembangan SDM dan sistim /platform yang selaras dengan kebutuhan kompetensi layanan dan tantangan pendidikan masa mendatang.
Presentasi disampaikan oleh ibu Maria,kepala cabang i-learning Pesona Edu wilayah Jakarta Barat dan Bogor(regional 3) ,didampingi oleh ibu Fitmasari,supervisor dan trainer

Kesimpulan:
  1. Optimalisasi pemanfaatan sarana IT di SDN Polisi 4 Bogor bukan semata mata demi performance pelayanan pendidikan itu sendiri , tapi sebagai sarana untuk membantu, mempermudah, mempercepat capaian mutu pendidikan yang jauh lebih baik bagi peserta didik.
  2. Untuk meminimalisir resistensi dan memaksimalkan keberhasilan, maka pemilihan platform teknologi berikut pengembangan sumberdaya dalam mendukung proses pendidikan harus tetap mempertimbangkan pakem sistim pembelajaran yang sudah berjalan berikut keterbatasan keterbatasan dan kultur yang ada (personal dan kelembagaan)
  3. Inovasi pelayanan pendidikan di SDN reguler ( gratis) yang berkonsekuensi tambahan pengeluaran dana harus sepadan dengan nilai tambah yang akan didapatkan peserta didik, mempertimbangkan kemampuan anggaran dan masuk akal . Jikapun sumber pembiayaannya dari orang tua/wali peserta didik (karena keterbatasan dana BOS dan sumbangan sukarela), maka hal itu harus diawali dengan pemahaman yang sama dari semua stake holder pendidikan bahwa jauh lebih penting manfaat inovasi pelayanan pendidikan bagi peserta didik daripada menyikapi secara kaku kebijakan pembiayaan program pendidikan dasar gratis yang tengah berjalan saat ini
  4. Mempertimbangkan urgensi dan skala prioritas, maka kerjasama awal yang bisa digagas dengan penyedia jasa i-learning Pesona Edu adalah: IHT (in house training) bagi guru IT, training penyajian pembelajaran berbasis multimedia kepada guru wali kelas dan bidang studi, penggunaan metode/modul i-learning Pesona Edu (terlepas dari apapun bentuk kerjasama lisensinya) dalam layanan bidang IT di Sanggar Kreatifitas Mandiri sebagai uji coba sebelum hal tersebut diterapkan dalam kurikulum resmi TIK dan diintegrasikan pada pembelajaran bidang studi pokok di SDN Polisi 4 Bogor.Tahapan yang disebutkan terakhir perlu kajian serius dan komprehensif dari internal penyelenggara pendidikan SDN Polisi 4 Bogor dan para pengambil kebijakan pendidikan terkait sebelum hal tersebut benar benar dilaksanaka yushokia.08@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Bapak/Ibu ,Saudara/i dan adik-adik.Untuk melihat komentar lainnya, klik "Muat Yang Lain".