Jumat, 13 Juli 2012

Berkunjung ke Sekolah Alam Citra Alam Ciganjur Jakarta Selatan

Sekolah Citra Alam berlokasi di jalam Damai II No 54 Ciganjur Jakarta Selatan ,dilingkari pemukiman rumah penduduk.Menempati lahan 7500 meter persegi  dengan suasana alam yang sangat kental dan menantang.Bangunan- bangunan kelas  yang berwujud saung ,joglo bertingkat dan terbuka.Sekolah ini didirikan dan dikelola sejak tahun 2000 oleh yayasan Citra Nurul Falah .

Sekolah yang terdiri dari tingkat kelompok bermain(PG), TK, SD dan SMP ini memadukan kurikulum pendidikan nasional, kurikulum karakter berbasis asmaul husna dan kurikulum alam.Sebagaimana sekolah inklusi pada umumnya ,proses pembelajaran di Citra Alam bernuansa fun sambil mengeksplorasi dengan menempatkan siswa sebagai pusat belajar.

Sekolah Citra Alam menyiapkan para calon lulusannya berkarakter positif, melalui pendidikan yang bermutu tinggi. ,kompeten dalam berbagai aspek, termasuk dengan parameter nilai UN sekalipun.Terbukti pada kelulusan kelas 6 SD Cira Alam tahun 2012 ini.Puluhan siswanya mampu menorehkan nilai sempurna 10 untuk bidang studi Matematika.Padahal Citra Alam hanya memberikan bimbingan dan persiapan intensif 6 bulan menjelang pelaksanaan UN.Cukup banyak  lulusan SD dan SMP Citra Alam yang berhasil diterima di SMP dan SMA negeri unggulan seputar Jakarta, termasuk diterima di SMA Taruna Nusantara Magelang. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa sekolah alam dengan karakteristik pendidikannya yang  bernuansa fun , ternyata juga bisa  serius mempersiapkan  prestasi akademik UN calon lulusannya ,dan hasilnya tak kalah dengan sekolah konvensional lainnya.

Semoga upaya berbagi pandangan mata dari hasil kunjungan pribadi pada Jumat pagi, tanggal 13 Juli 2012 ini mampu mengingatkan   kita kembali bahwa pada hakekatnya proses pendidikan tidak bisa lepas dari  keberadaan lingkungan dan alam sekitarnya.Mensinergikan pendidikan dengan lingkungan  akan membuat hasil pendidikan itu sendiri lebih bermakna.Keberhasilan realisasinya tidak tergantung kepada kekayaan atau  keterbatasan sumberdaya lingkungan dan alam yang dimiliki.Tapi lebih kepada kemauan untuk memulai dan konsistensi berkreasi, dan itu bisa dimulai dari tindakan kecil dan sederhana.
(M.Yusuf) 
yushokia.08@gmail.com
 Gerbang depan sekolah

Pendidikan lingkungan



Alam sebagai media belajar





Ruang Kelas



5 komentar:

  1. subhanallah, jadi ngiri...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah,putra pertama kami masuk d sekolah Citra Alam,baru dua minggu dia masuk sekolah,sudah bisa sholat dhuha-mengenal asmaul husna,belakangan ini bila ayahnya mulai kelihatan marah dia akan bilang 'Ayah istigfar ayah biar ga jd marah'subhanalloh,di SCA krn konsep belajarnya yang fun maka anak2pun havefun mengikuti kegiatan jd tidak tertekan apalagi stress. Awal masuk sekolahnya saja tidak d tes calistung,ini salah satu ciri sekolahan bagus krn menerima siswa apa adanya.Nilai plusnya pelajaran agama d terapkan sekali dlm aktivitas siswa jd bukan hanya sekedar hafalan semata.

    BalasHapus
  3. kalo boleh tau, tarifnya berapa ya mbak? :D

    BalasHapus
  4. Angie Wiyani Putri29 April 2014 pukul 19.18

    baguss

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Bapak/Ibu ,Saudara/i dan adik-adik.Untuk melihat komentar lainnya, klik "Muat Yang Lain".