Sabtu, 23 Juni 2012

Rangkuman Harapan Warga Sekolah Terhadap Pengurus Komite SDN Polisi 4 Bogor Periode 2012-2016

Di Tengah proses pemilihan pengurus Komite Sekolah SDN polisi 4 Bogor Periode 2012 -2016 yang sedang berlangsung, ada baiknya calon pengurus dan pengurus yang akan terbentuk nanti menyimak harapan yang digantungkan warga sekolah .Harapan ini terangkum dari berbagai kesempatan komunikasi dengan beberapa orang tua murid, guru,karyawan dan pimpinan sekolah.

Rangkuman harapan warga Polpat di awal-awal terbentuknya pengurus Komite Sekolah periode 2012 -2016 mendatang:
  1. Konsolidasi relasi dan meningkatkan kualitas komunikasi dengan masyarakat sekolah melalui saluran formal dan informal.
  2. Proaktif merangkul ide,harapan dan prakarsa positif masyarakat sekolah dalam mendukung ,memperkuat,memperkaya program pelayanan pendidikan di sekolah ke dalam bentuk kegiatan riil yang berdampak peningkatan mutu pendidikan.
  3. Tanggap mengklarifikasi hal – hal yang sedang menjadi perhatian masyarakat sekolah secara proporsional dengan tetap menjaga kewibawaan segenap stakeholder yang ada.
  4. Membangun kesepahaman dan komitmen dengan manajemen BOS, mulai tahap perencanaan hingga realisasi terkait bidang –bidang dan pos pos kebutuhan pendidikan yang patut menjadi perhatian/dibiayai oleh sumbangan masyarakat yang diamanahkan kepada komite sekolah
  5. Mempertimbangkan aspirasi dan dinamikia yang berkembang di tengah masyarakat sekolah dalam pengambilan keputusan dan perencanaan program komite sekolah, sepanjang aspirasi dan dinamika tersebut demi kepentingan peserta didik , perbaikan pelayanan serta peningkatan mutu pendidikan.
  6. Melakukan solusi bersama sekolah dan masyarakat sekolah terhadap berbagai persoalan, tantangan yang ada di sekolah dengan memanfaatkan segenap sumberdaya sarana, SDM, dana dll secara tepat dan akuntabel demi terwujudnya harapan dan cita-cita pendidikan masyarakat sekolah
  7. Menjadikan evaluasi dari masyarakat sekolah sebagai acuan tambahan evaluasi program yang sudah,sedang dan akan dijalankan komite sekolah demi pelaksanaan peran fungsi komite sekolah yang lebih baik.
  8. Eksistensi komite sekolah ada dengan adanya program .Pelaksanaan program tidak lepas dari kebutuhan dana.Dipandang perlu komite sekolah mencari tambahan sumber dana alternatif ,baik dengan memanfaatkan jaringan yang dimiliki orang tua murid, dunia usaha dan lembaga lainnya
  9. Konsisten memberikan pencerahan secara proporsional kepada masyarakat sekolah atas keterbatasan dana BOS dengan berbagai dinamika pengelolaannya, tarik ulur tanggung jawab pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam membiayai sepenuhnya pendidikan bermutu di tengah tuntutan kompetensi lulusan dan kompetisi antar lulusan pendidikan di masa depan
  10. Memasyarakatkan semangat penguatan lembaga sekolah formal sebagai wahana bagi peserta didik untuk mendapatkan hak-hak pengalaman belajar yang menarik, pengembangan karakter, sosial dan soft skill lainnya,dimana peran tersebut tidak bisa digantikan sepenuhnya oleh bimbingan belajar,kursus dll.
M Yusuf
yushokia.08@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Bapak/Ibu ,Saudara/i dan adik-adik.Untuk melihat komentar lainnya, klik "Muat Yang Lain".