Senin, 02 Desember 2013

Bangkit dan Berubah Untuk Keunggulan SDN Polisi 4 Bogor

Kita yakin SDN Polisi 4 Bogor dapat segera bangkit,berubah dan menjadi sekolah unggul setelah melewati berbagai pengalaman dan ujian.Sejatinya ujianlah yang menjadikan sebuah lembaga dan pribadi menjadi matang dan BESAR. 
Banyak versi dan indikator yang dipakai dalam mengukur apakah sebuah sekolah telah mencapai kriteria unggul atau belum unggul.Ternyata ..
SEKOLAH UNGGUL = SEKOLAH EFEKTIF.
Segenap pemangku kepentingan dapat "merasakan", memonitor dan mendukung mewujudkan SDN Polisi 4 menjadi sekolah efektif. 
Inilah salah satu tolak ukurnya  
(dikutip dari presentasi dr. Fasli Jalal, Ph.D, mantan Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional,mantan Dirjen Dikti,mantan Wakil Mendikbud,kepala BKKBN (sekarang)

KARAKTERISTIK SEKOLAH EFEKTIF: 
  1. KEPEMIMPINAN YANG PROFESIONAL (Professional Leadership) 
  2. VISI DAN TUJUAN BERSAMA (Shared Vision and Goals) 
  3. LINGKUNGAN BELAJAR (a Learning Environment) 
  4. KONSENTRASI PADA BELAJAR-MENGAJAR (Concentration on Learning and Teaching
  5. HARAPAN YANG TINGGI (High Expectation) 
  6. PENGUATAN/PENGAYAAN/PEMANTAPAN YANG POSITIF(Positive Reinforcement)
  7. PEMANTAUAN KEMAJUAN (Monitoring Progress) 
  8. HAK DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK (Pupil Rights and Responsibility) 
  9. PENGAJARAN YANG PENUH MAKNA (Purposeful Teaching) 
  10. ORGANISASI PEMBELAJAR (a Learning Organization) 
  11. KEMITRAAN KELUARGA-SEKOLAH (Home-School Partnership
 DIMENSI SEKOLAH EFEKTIF

Dimensi Leadership

  1. Iklim dan Atmosphere yang kondusif
  2. Tujuan jelas, dapat dicapai, relevan
  3. Guru berorientasi pengelolaan kelas yang baik
  4. Inservice Training yang efektif untuk guru
Dimensi Pendukung
  1. Konsensus terhadap nilai-nilai dan tujuan
  2. Rencana stratejik dan koordinasi
  3. Staf kunci yang berkelanjutan
  4. Dukungan Dinas Pendidikan dan Pemda
Dimensi Efisiensi
  1. Penggunaan waktu pengajaran yang efektif (Intensitas Interaksi)
  2. Lingkungan sekolah dan kelas yang disiplin
  3. Evaluasi dan umpan balik secara berkelanjutan
  4. Kegiatan kelas terstruktur dengan baik
  5. Petunjuk pembelajaran yang baik
  6. Penekanan terhadap pengetahuan dan skill yang tinggi
  7. Kesempatan untuk belajar secara maksimal

Dimensi Efficacy

  1. Harapan untuk mencapai prestasi tinggi
  2. Reward untuk prestasi dan kinerja tinggi
  3. Kerjasama dan interaksi dalam kelas
  4. Keterlibatan semua staf dalam peningkatan kinerja sekolah
  5. Otonomi dalam melaksanakan proses pembelajaran sekolah
  6. Guru yang emphaty dan memiliki kemampuan interpersonal dengan siswa
  7. Menekankan kepada pekerjaan rumah siswa
  8. Akuntabilitas terhadap hasil belajar
  9. Interaksi sesama guru yang baik yang efektif untuk guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Bapak/Ibu ,Saudara/i dan adik-adik.Untuk melihat komentar lainnya, klik "Muat Yang Lain".