Sabtu, 03 Juli 2010

Rapat Komite Dengan Orang Tua Murid Baru SDN Polisi 4 Bogor Tahun Ajaran 2010/2011









Setelah didahului dengan edaran lembaran sosialisasi berupa: undangan rapat,tabel dukungan pendanaan saat sekolah mandiri dan gratis dari orang tua dan komite,buletin edisi PPDB, dan kuisioner kepada orang tua murid baru bertepatan dengan pengumuman hasil PPDB Rabu, 30 Juni kemarin, maka telah berlangsung rapat orang tua murid baru dengan komite pada Sabtu, 3 Juli 2010 di kelas 6A/6B mulai jam 10.00 -12.00 WIB
Agenda:
  1. Silaturahmi komite sekolah dengan orang tua murid baru
  2. Menampung aspirasi dan harapan orang tua murid baru
  3. Paparan perencanaan program komite tahun ajaran 2010/2011
  4. Koordinasi dukungan komite dan orang tua terhadap program kompetensi SDN Polisi 4 Bogor
Dua Ruang kelas tidak cukup menampung peserta rapat yang dihadiri lebih dari 160 orang tua murid baru sehingga sebagian hadirin rapat terpaksa duduk di koridor luar depan kelas.
Iklim rapat cukup berhasil memancing sikap kritis orang tua , baik tentang sumbangan sukarela yang diinisiatif komite SDN Polisi 4 Bogor di tengah kebijakan sekolah gratis,transparansi pengelolaan dana orang tua oleh komite, prioritas program dukungan komite tahun 2010/2011, total anggaran dan kisaran sumbangan sukarela per orang tua yang dibutuhkan hingga permintaan untuk mencari sumber pendanaan alternatif lainnya.Semua keraguan, tuntutan dan aspirasi forum rapat direspon pengurus dengan cara bergantian,ber hati hati dan tidak bias serta diupayakan tidak melanggar aturan perundangan yang berlaku.

Berhubung realisasi program komite dari sumbangan sukarela orang tua tahun 2009/2010 kemarin mencapai keberhasilan lebih dari 90 % dan hasil fisiknya bisa dilihat secara kasat mata oleh publik(Lab. IT,Lab. Bahasa ,Ruang Multimedia, tata ruang Lab.Ipa dll) serta telah tereksposnya lebih dini program komite di kalangan orang tua,maka rapat dapat berjalan efektif dan direspon positif orang tua murid baru.
Saat menjelang akhir rapat komite mengedarkan Surat Pernyataan kesediaan menyumbang dan referensi regulasi yang menjadi acuan komite meggalang harapan dan potensi sumbangan orang tua murid yang mampu dan peduli melalui HSP dan SSPMP.
Karena ini adalah kesempatan rapat pertama orang tua murid baru dengan komite ,maka komite terkesan tidak cukup siap sehingga kelabakan melayani permintaan orang tua murid baru yang tidak hanya memberikan Lembar Surat Pernyataan,tapi beberapa diantaranya juga langsung menyumbangkan dana HSP dan SSPMP persis rapat usai ,alhasil terkumpul dana Rp 30, 5 Juta pada Sabtu 3 Juli 2010.
Sekretariat Komite tetap buka jam 08.00 -12.30 mulai 5 Juli- 11 Juli 2010 untuk melayani orang tua mampu dan peduli yang berniat memberikan sumbangannya,atau bisa ditransfer ke rekening komite sekolah Bank Mandiri No Rekening: 133-00-0765894-1 atas nama Herry Purnomo (ketua komite) dan Kirsfianti L Ginoga(Bendahara komite).
Mohon tanda bukti transfer diserahkan ke sekretariat komite untuk ditukar dengan tanda terima berupa kwitansi penerimaan donasi dari bagian keuangan komite.

Untuk check and balance serta akuntabilitas hasil penerimaan hasil HSP, maka komite akan mengedarkan surat laporan hasil HSP kepada semua orang tua murid kelas 1 pada awal September 2010 dan secara kumulatif hasil HSP dan SSPMP juga akan dirangkum dalam laporan keuangan komite semester 1 tahun 2010/2011 yang akan diedarkan kepada 1070 orang tua murid saat penerimaan rapor sekitar Desember 2010

Antusiasme dukungan ini jelas menggembirakan ,tapi juga berkonsekuensi PR BESAR bagi komite terutama bagi penyelenggara pendidikan untuk dapat memenuhi harapan donatur dan orang tua murid atas pelayanan dan mutu pendidikan yang lebih baik di SDN Polisi 4 Bogor .Karena bagaimanapun sumbangan sukarela di tengah euforia sekolah gratis adalah sebuah ironi tapi juga bukan sesuatu yang "given"(terberikan begitu saja),tapi sekali lagi adalah sebuah cerminan harapan donatur yang menggebu kepada sekolah dasar negeri reguler sebagai bagian layanan publik dalam arti yang sebenarnya.Semoga harapan dan mimpi mimpi tersebut dapat segera terwujud apapun kebijakan,sistim dan dinamika kelembagaan sekolah yang menyertainya,Semoga.

M.Yusuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Bapak/Ibu ,Saudara/i dan adik-adik.Untuk melihat komentar lainnya, klik "Muat Yang Lain".