Kamis, 21 Mei 2009

Untuk Warga Polpat dan Masyarakat

Semua ini sudah dijelaskan pada kesempatan on air interaktif di radio Sepatahunan jam 20.00 - 22.00 Rabu ,20 Mei 2009 kemarin, yg salah satu nara sumbernya ketua komite SDN Pol4.

1.SSPMP adalah upaya sadar komite Pol4 memfasilitasi aspirasi dan potensi orang tua siswa Pol4 yang mampu dan peduli dalam pendanaan secara bersama sama investasi prasarana pendidikan dan program kompetensi di Pol4 yang kurang dan tidak dibiayai sebagian atau seluruhnya oleh dana BOS 2009 di tengah minimya komitmen dan daya dukung APBD daerah mengkompensasi kekurangan biaya operasional dan program sekolah , yang tidak saja adil dari upaya pemerataan kesempatan memperoleh hak atas pendidikan dasar, tapi juga hak atas pendidikan dasar yang bermutu

2.Pemerintah dan institusi publik berkepentingan mengatur kebijakan yang berkonsekuensi pada hayat rakyat banyak, tapi rakyat mempunyai hak otonomi memberdayakan dirinya untuk memperkuat upaya mencapai cita cita hakiki dari sebuah kebijakan pemerintah dengan tetap menjaga kemaslahatan hayat rakyat banyak . SSPMP adalah bentuk dukungan orang tua Pol4 terhadap dana BOS dalam rangka pemerataan pendidikan dasar gratis yang bermutu dan adil

3.APBS sebelumnya dijadikan pertimbangan praktis agar mudah dipahami dari sisi nominal.Sebelumnya komite sdh persuasif ke kepsek untuk meverifikasi rencana dan realisasi triwulan dana BOS 2009 agar bisa dijadikan tolak ukur

4.Bertolak dari pemberitaan media pers dan rancangan petunjuk teknis Perwali no 4 pasal 5 tentang sumbangan sukarela masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan yang sedang digodok pemda Bogor telah menjelaskan bahwa sumbangan tidak boleh melibatkan sekolah dan harus dikelola mandiri oleh komite ,dipertanggungjawabkan kepada orang tua dan sewaktu waktu jika diperlukan terbuka diaudit oleh Kantor Akuntan Publik(KAP). Jadi memakai rekening atas nama bendahara&ketua komite adalah hal teknis sementara, sedang diupayakan memakai nama komite sebagai institusi / organisasi ,atau teknis penyimpanan alternatif terbaik lainnya.Keputusan Komite tentang SSPMP yang mendahului rancangan petunjuk teknis Perwali No 4 tahun 2009 pasal 5 yang tak juga kunjung dikeluarkan tersebut mengingat proses pendidikan di Pol4 terus berjalan.SK Komite tentang SSPMP sewaktu waktu bisa dievaluasi dan disesuiakan dengan peraturan berikutnya.

5.SSPMP didorong atas kebutuhan siswa mendaptkan layanan pendidikan yang lebih baik(program dan prasarana, BUKANsok unjuk gigi kinerja komite, prestise lembaga Pol4, performance Kepsek atau ambisi org tua.

6.Komite bersinergi dan bekerjasama dg kepsek, dewan guru , masyarakat jika hasilnya dijewantahkan untuk kemaslahatan siswa Pol4.Ada saatnya komite kritis krn kepentingan siswa terabaikan/tidak diutamakan.

7.SSPMP ditujukan untuk org tua yg mampu dan peduli.Hasilnya akan dinikmati sama rata oleh semua siswa Pol4 , tanpa membedakan apakah org tua nya menyumbang /tidak mampu/mampu tapi tidak menyumbang/ragu ikut serta/kontra. Diupayakan teknis SSPMP tidak berdampak pada interaksi antar org tua di lingkungan sekolah dan diskriminasi layanan thdp siswa. Selain dgn dana , masih banyak cara lain bagi org tua peduli dgn pddkn siswa Pol4, pemikiran/jaringan/kritik/saran/pengawasan adalah juga bentuk kepedulian yg sangat diperlukan

8.Penentuan nilai mominal dan frekwenai SSPMP adalah dalam rangka kepraktisan kerja kesekretariatan ,pengadministrasian / pelaporan, dan akuntabilitas keuangan.

9.Karena tidak terpublikasi luas, maka orang tua secara pribadi/kelompok dengan tujuan baik ,dapat mengcek data sumbangannya di rekapitulasi dan administrasi SSPMP otentik lainnya tanpa menunggu priode pelaporan /masa audit.

10.BOS adalah usaha negara untuk menyokong pendidikan dasar gratis dalam rangka mencerdaskan rakyatnya yang merupakan amanah UUD 1945 , dan jelas sbg org tua dan warga negara yg sadar akan hak2nya, kita sangat beryukur dan siap menyukseskannya.Tapi ketika ternyata BOS diragukan daya dukungnya untuk layanan pddkn bermutu bagi anak2 kita(rata2 org tua yg memasukan anaknya ke Pol4 punya ekpektasi tinggi thdp pddkn anaknya), maka di saat itulah barangkali kita legowo menunda pemenuhan akan hak kewarganegaraan kita atas pdkkn gratis yg optimal.Jika mmg akan membawa perubahan yg cukup berarti bagi layanan pddkn putra putri kita dan kita mampu, mengapa kita tidak mencoba berkonstribusi bergotong royong via SSPMP .

11.Anggaran hanyalah salah satu faktor pendukung keberhasilan tujuan pddkn putra putri kita di Pol4, masih banyak faktor lain yg tak kalah krusialnya, diantaranya budaya sekolah, tenaga pendidik, kebijakan dan sistim pddkn serta terpenting kepemimpinan kepala sekolah. Mari senantiasa mendorong Pol4 maju demi pddkn lbh baik bagi putra putri Pol4

12.Komite sangat mematuhi peraturan dan perundangan yang berlaku, Komite berkeputusan berdasarkan kepentingan siswa dan reprentasi mayoritas orang tua. jikapun ada beberapa orang tua yang tidak setuju adalah hal wajar dan cermin kemajemukan sikap dan demokrasi di Pol4

13.Jika tindakan otonomi keputuan komite tentang SSPMP berikut pelaksanaannya yang kondusif di internal warga Pol4, menjadi preseden dan diikuti sekolah lain, maka itu sangat tergantung dari perspektif ,pengelolaan isyu dan tantangan dalam lingkup komite/lembaga sekolah lain tersebut. Ini adalah sisi lain diluar tanggung jawab keputusan komite tantang SSPMP.

14.Komite siap bekerjasama dgn instansi publik/pihak yang berkepentingan dgn hayat publik dan menjelaskan keputusan komite tentang SSPMP,teknis pelaksanaan dan komitmen pengelolaan dampak ikutannya.

Demikianlah, banyak maaf.
Dari berita Radar Bogor hari ini:21 Mei 2009: DPRD akan memanggil komite Pol4 . Bagi Orang tua ,masyarakat dipersilakan ikut serta agar dewan bisa mendptkan info berimbang dan demokratis.
Terima kasih
Komite SDN Polisi 4 Bogor

(M.Yusuf )


SK Komite Tentang SSPMP
Lampiran Penjelasan SK Komite
Tudingan Komite Polpat Memungut Rp 40.000
Protes LSM Lanskip dan Sebagian Masyrakat
Direktur Lanskip Minta Maaf
Ancaman DPRD Memanggil Komite Polpat
Koran KOMPAS Menyigi Sekolah Gratis

MKKS Bogor Barat Setuju Sumbangan, Tolak Pungutan
Hanya Komite yang Kelola Sumbangan Sukarela
Soal Sumbangan Sudah Ada di Juklak BOS
SK Sumbangan Sekolah Mulai Dibahas
Lebih Baik Pakai Kotak Amal
SK Sumbangan Hanya Sekolah Plus
Dipersoalkan Sekolah Gratis di Bogor
Kesempatan Dan Kesetaraan Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Bapak/Ibu ,Saudara/i dan adik-adik.Untuk melihat komentar lainnya, klik "Muat Yang Lain".